Di Balik Makna Kata RAHAYU

https://3.bp.blogspot.com/-QyOPQIbj3ok/VEFAlPpJdzI/AAAAAAAAAJU/PUwfAfDc2mw/s72-c/namaste.png click to zoom
Ditambahkan 8:17:00 AM
Kategori Artikel inspirasi
Harga Kata rahayu ini merupakan istilah sapa menyapa di kalangan para penghayat agama asli kejawen. Saya pakai agama asli, karena dlm &quo...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Di Balik Makna Kata RAHAYU



Kata rahayu ini merupakan istilah sapa menyapa di kalangan para penghayat agama asli kejawen. Saya pakai agama asli, karena dlm "kejawen" ada banyak aliran. Di tempat berbeda kejawennya juga berbeda.

Rahayu dalam kejawen adalah penghargaan terhadap orang lain yg sudah menjadi saudara.

Lalu rahayu itu artinya apa?


Kata rahayu di adopsi dari bahasa jawa. D
alam faham soteriologi kristinitas, kata rahayu termaktub dalam faham yg artinya "damai sejahtera" yang kerap kita jumpai di kitab suci.

Di daerah saya yaitu Banyuwangi khususnya Banyuwangi bagian selatan. Bila kita kerap menghadiri pertemuan2 kemasyarakatan di daerah tersebut, sapaan kata "rahayu" kerap kita dengar.


Baca Juga:
Cara Menyembuhkan Diri dengan Makhluk Imaginer
 Self Healing dalam Gerak
Cara Memprogram Pikiran dengan Mudah 
Teknik Grounding dalam Terapi 

Kalo dalam islam "assalamualaikum" hakikat maknanya dengan kata "rahayu" sama. Nah sekarang tergantung pribadi masing2. Mau pakai kata apa d
alam menyapa orang. Yg penting ESENSI di balik kata tersebut. Artinya meskipun sampean mengucapkan “Assalamualaikum” tapi dalam benak anda berkata sebaliknya, yahh itu hanya sebatas kata-kata.

Mungkin ada juga yang kurang sepakat, lalu bilang “lohh kok sama? Berbeda mas. Sampean jangan aneh-aneh, ‘assalamualaikum dan rahayu’ di sama ratakan”. Kalo kita cari perbedaan tentunya sangat banyak sekali. Hehehe... yah silahkan yang kurang sepakat. Tapi mari kita belajar bersama mengambil makna simbol/ kata-kata dari sebuah esensi.




Namaste juga merupakan cara yang lazim digunakan untuk menyapa atau memberi salam di anak benua India. Seluruh tindakan ini menyampaikan pesan, "engkau adalah aku (tat twam asi), Engkau dan aku adalah satu. Aku menghormati, menghargai dan memuja Tuhan yang ada dalam dirimu." Ia juga berarti, "aku bersimpuh di hadapanmu yang merupakan bayangan kaca (mirror-image) dari diriku, dengan badan, pikiran dan jiwa."


Rahayu-rahayu-rahayu. _/|\_

#NET Center



Komentar